KH Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus hadir dalam acara Gelar Sastra Jawa Tengah 2023, di Gedung Teater Arena Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT), Selasa (31/10/2023) malam. (Foto: Wahyu Salvana)

Solo, kanalmataair.com KH Ahmad Mustofa Bisri atau lebih akrab disapa Gus Mus hadir sebagai penampil utama dalam acara Gelar Sastra Jawa Tengah 2023. Sebelum membacakan puisi-puisinya, Gus Mus mengajak seluruh hadirin untuk mendoakan Palestina yang sedang dalam kecamuk perang.

Acara tersebut digelar di Gedung Teater Arena Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT), Selasa (31/10/2023) malam. Gus Mus mengajak seluruh hadirin yang memenuhi gedung Teater Arena TBJT untuk mendoakan Palestina, rakyat Palestina. Mendoakan Indonesia dan bangsa Indonesia.

“Sebelum saya membaca sajak-sajak, kepada saudaraku yang beragama Islam, saya minta keihlasan hati untuk membaca fatihah. Seraya mohon kepada Allah subhanahu wata’ala, untuk merahmati Palestina dan rakyat Palestina, untuk merahmati Indonesia dan bangsa Indonesia.”

Selanjutnya pengasuh Ponpes Raudlatut Thalibin (Taman Pelajar Islam), Leteh, Rembang, tersebut membacakan puisi-puisi karyanya dengan gaya santai diselingi pengantar-pengantar yang cair dan akrab. Puisi-puisi yang dibacakan meliputi puisi yang ditulisnya di masa muda, di masa represi, hingga paling akhir ditulis.

Selain Gus Mus, dalam acara bertajuk ‘Silaturahmi Indonesia’ tersebut, tampil sejumlah sastrawan lain yang membawakan karya-karya puisinya. Mereka adalah Abdul Wachid BS (Banyumas), Wijang Warek Al Mauti (Klaten), Beno Siang Pamungkas (Semarang), Timur Sinar Suprabana (Semarang), Anis Sholeh Ba’asin (Pati), dan Sosiawan Leak (Solo).

Tampil juga duet aktor asal Solo, St Wiyono dan Budi Riyanto, yang tampil duet membacakan cerpen berjudul ‘Gus Jakfar’ karya Gus Mus. Serta penampilan musikalisasi puisi dari dua grup musik Sound of Poem (SOP) dari Solo dan Tsaqiva Kinasih Gusti dari Kudus.

Penulis: Wahyu Salvana

Editor: Muchus Budi R

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *